Senin, 06 April 2015

10 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

10 Manfaat Bangun pagi bagi kesehatan -  Bangun tidur di pagi hari tidak hanya sekedar mendukung pepatah “kalau bangun siang rezeki bisa dipatok ayam” tetapi terbukti bangun pagi memiliki manfaat bagi kesehatan. Jika anda termasuk orang yang sulit dan malas bangun pagi sebaiknya mulai saat ini mulai untuk memperbaiki kebiasaan anda. Bangun pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bagi anda yang malas bangun pagi silahkan baca artikel ini sapa tahu bisa memotivasi anda untuk bangun pagi


10 manfaat bangun pagi bagi kesehatan 10 manfaat bangun pagi bagi kesehatan


10 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan


1. Menghirup Udara Segar

Udara di pagi hari berbeda dengan udara siang hari. Dipagi hari udara terasa sejuk dengan tingkat polusi yang rendah. Dengan bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk menghirup udara segar dengan tingkat polusi rendah.


2. Meningkatkan produktifitas

Kebanyakan orang sukses di dunia adalah suka bangun lebih awal di pagi hari. Dengan bangun pagi lebih awal akan membuat anda menjadi pembuat keputusan, perencana serta penata tujuan yang lebih baik. Setelah mengalami tidur malam yang nyenyak, otak anda sudah kembali pulih dan siap untuk dipakai bekerja keras. Saat tersebut anda akan bisa melakukan sesuatu lebih cepat dan lebih baik.


3. Lebih mudah berolahraga

Bangun lebih pagi membuat kita lebih mudah menjadwalkan olahraga. Menurut sebuah studi dalam jurnal SLEEP 2014 yang dipaparkan pada pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies, seseorang yang tidur terlalu malam sehingga jam tidurnya berkurang akan sulit untuk berolahraga.


4. Perubahan Pola Pikir

Ketika kita membiasakan tidur tepat waktu dan bangun pagi, kita memulai kedisiplinan ala jaman orang tua kita. Orang dahulu lebih tangguh dan sukses karena membiasakan diri bangun pagi untuk mengawali hari. Mereka adalah tipe orang yang akan selalu siap menghadapi tantangan.


5. Lebih religius

Pergantian petang menjadi hari yang cerah akan menjadi hal yang disyukuri oleh semua orang. Orang-orang yang menikmati momen munculnya matahari pagi biasanya akan memiliki spirit yang menyejukkan. Anda bisa berdoa dan melakukan kegiatan religius lainnya di pagi hari. Bagi umat muslim dilakukan dengan shalat subuh tentunya


6. Meningkatkan kualitas tidur malam anda

Dengan kebiasaan bangun tidur lebh awal di pagi hari maka mau tidak mau anda akan berangkat tidur lebih awal, dan ini tentu saja akan membuat jam tidur anda lebih panjang dan kualitas tidur menjadi bagus.


7. Memperoleh Kalisium dan Vitamin D untuk Tulang

Tak hanya itu, bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D.


8. mencegah kerusakan paru-paru dan jantung

Oksigen di pagi hari juga berguna untuk mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


9. mengurangi resiko depresi

Sebuah studi di Jerman pada tahun 2013 menyebutkan mereka yang cenderung tidur terlalu larut dan sulit bangun pagi memiliki risiko depresi yang tinggi.


10 Membuat anda berbahagia

Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui Medicmagic


Itulah 10 manfaat bangun pagi bagi kesehatan fisik dan mental anda. Jika anda kesulitan bangun pagi bacalah tips cara mudah bangun pagi. Demikian artikel kali ini semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian, dan memotivasi untuk bangun lebih pagi. Salam…!!



10 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar