Senin, 06 April 2015

12 Tips Cara Mudah Bangun Pagi

12 Tips Cara Mudah Bangun Pagi – Sebagian orang mengalami fenomena kesulitan ketika ingin bangun di pagi hari. Padahal bangun di pagi hari memiliki banyak manfaat. Selain baik untuk kesehatan, konon bangun pagi juga memperlancar rejeki. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi-pagi setiap hari lebih sukses dan lebih produktif dibandingkan dengan orang yang bangun siang. Tapi tetep saja bagi sebagian orang bangun dipagi hari sangatlah sulit. Berbeda pula sebagian orang lain yang mau tidur jam berapapun tetap terjaga saat adzan subuh berkumandang.


Apa yang menyebabkan hal ini? Kuncinya adalah kebiasaan. Orang yang telah terbiasa bangun pagi tentunya bukan hal yang berat untuk melakukannya sedangkan bagi yang belum terbiasa akan sangat sulit untuk memulainya. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan agar terbiasa bangun pagi? Berikut tips cara mudah bangun pagi yang telah kami rangkumkan untuk anda :


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


12 Tips Cara Mudah Bangun Pagi


1. Tidur lebih awal


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Buatlah diri anda pergi tidur lebih awal, dan anda akan dapat bangun lebih awal pada hari berikutnya. Atur jadwal tidur jika ingin bangun dengan energy yang cukup. Pastikan jam tidur anda sudah memenuhi standar antara 6 hingga 8 jam setiap harinya. Tidak perlu terlalu ketat mematok jadwal, tubuh akan dengan sendirinya mengatur alarm. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, membaca buku di tempat tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.


2. Mulai bertahap


Mungkin sulit untuk tiba-tiba bangun pagi, apalagi bangun pagi bukan kebiasaan kita, tetapi jika Anda mengatur alarm Anda 15 menit lebih awal setiap hari dari bangun tidur yang buruk, itu akan menjadikan tubuh tidak terkejut jika bangun pagi..Pilih waktu bangun dan setiap hari bangun lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan tadi. Mau bangun jam 06.00, tapi nggak bisa beranjak dari tempat tidur sampai jam 07.00? Coba setel alarm jam 6.45. Kemudian setiap beberapa hari kurangi selama 15 menit—jadi 6.30, 6,15, dan seterusnya.


3. Jangan langsung tidur setelah makan berat


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Habis makan langsung tidur bikin tidurmu kurang nyenyak. Langsung tidur setelah makan akan menimbulkan banyak efek negatif untuk tubuh kita. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra saat kamu sedang terlelap, sehingga tidurmu tidak bisa nyenyak atau bahkan bikin kamu insomnia. Tapi tidur dalam keadaan lapar juga dapat membuat tubuhmu lemas saat bangun pagi. Jadi cara terbaik untuk menyiasatinya adalah, jangan makan terlalu berat saat kamu hendak tidur. Dan hindari minum minuman berkafein dan beralkohol.


4. Mengatur cahaya ruangan


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Cuaca pagi yang gelap membuat Anda jauh lebih sulit untuk bangun pagi, Anda harus membuat kamar Anda ditata dengan baik. Pertimbangkan menempatkan tempat tidur Anda di depan jendela besar, atau mencoba tidur dengan tirai terbuka. Ini hal yang tidak mudah bagi Anda yang tidak suka bangun pagi, tetapi jika Anda menjaga kamar Anda tetap gelap, itu proses sulit untuk Anda bisa bangun pagi.


5. Minum air putih sebelum dan sesudah tidur


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Minum air putih sebelum tidur bisa membuatmu bangun lebih cepat karena kamu harus segera ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini mau nggak mau kamu harus segera bangkit dari tempat tidur ‘kan? Sedang manfaat meminum air putih setelah bangun tidur adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan demi mengaktifkan kembali organ-organ dalam tubuh. Minum air putih setelah bangun itu ibarat kick-start bagi metabolismemu, kamu bisa lebih cepat sadar dan tidak lagi merasa ngantuk.


6. Buat rutinitas


Mandi, sarapan, baca koran. Ciptakan rutinitas pagi serta lakukan hal yang sama tersebut setiap pagi. Anda akan mudah bangun karena tubuh terpola secara mekanis sesuai jadwal rutin tersebut.


7. Membuka jendela agar udara dan sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kamar


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Biasanya kita akan lebih sulit tertidur ketika kamar dalam keadaan terang. Oleh sebab itu bukalah jendela kamarmu agar cahaya matahari di pagi hari bisa masuk ke dalam kamar, sehingga kamu bisa tergerak untuk bangun lebih awal. Selain itu, membiarkan jendela kamar terbuka saat tidur berfungsi agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap berjalan lancar. Dan juga karena pagi hari udaranya dingin, kamu jadi lebih cepat bangun.


8. Stretch


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Paksa tubuh Anda untuk melakukan pemanasan, tepat ketika weker berbunyi. Sekalipun mata masih terpejam, namun paksa dan gerakan tubuh di ranjang untuk meregang. Cara ini secara otomatis akan menjadi alarm yang lebih efektif bagi tubuh untuk membuat Anda bangun.


9.  Letakkan alarm-mu di tempat yang jauh dari tempat tidur


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Pasang alarm dan meletakkannya di samping tempat tidur anda itu bisa dikategorikan sebagai usaha paling sia-sia dalam hidup. Karena saat alarm bangun tidur berbunyi, anda bisa dengan mudah mengambilnya, mematikannya (atau snooze sampai bego) –tidur lagi deh!

Nah, agar alarm anda bisa berfungsi sebagaimana mestinya, letakkan alarm jauh dari tempat tidurmu sehingga mau nggak mau anda harus bangun dan mencarinya saat alarmnya berdering. Sekali anda beranjak dari tempat tidur, biasanya anda sudah tidak berniat lagi untuk melanjutkan tidur.


10. Gunakan lagu favoritmu sebagai bunyi alarm


Jangan paksa diri Anda langsung mendengarkan lagu rancak, karena akan bikin Anda malah bad mood. Cari lagi bertempo sedang yang perlahan akan menggiring pagi Anda untuk lebih bersemangat. Bisa juga dengan menggunakan fitur alarm dalam ponselmu dan aturlah suaranya menggunakan lagu favoritmu.Lagu-lagu dengan nada yang sedikit ceria bisa membuatmu bangun tidur dalam keadaan senang.


11. Kurangi kopi


Jangan salah. Sarapan kopi justru akan membuat tubuh jadi lemas dan mengantuk. Awali hari Anda dengan sarapan segar serta yang membuat Anda lebih enerjik, misalnya jus buah segar atau protein.


12. Memelihara ayam


tips cara mudah bangun pagi tips cara mudah bangun pagi


Benar, peliharalah ayam. Lupakan alarm HP atau jam weker. Penelitian menunjukan keluarga yang memelihara ayam memiliki intensitas bangun pagi dibandingkan keluarga yang tidak memeliharanya. Kokok ayam juga terbukti bisa membangkitkan stimulus otak. Dan jangan lupa, Ayamlah jam weker pertama manusia. :D


Itulah 12 tips cara mudah bangun pagi yang telah kami rangkumkan untuk anda dari berbagai sumber. Bagi anda yang kesulitan bangun di pagi hari bisa mencoba mempraktikkan cara-cara diatas dan rasakan efeknya. Sedikit tips tambahan saat anda sukses terbangun lebih pagi adalah dengan membiasakan melakukan rutinitas tidur di waktu yang sama dan berupaya agar tubuh anda terbiasa.  Usahakan agar setiap hari kamu bisa tidur dan bangun tidur pada jam yang serupa. Ini bertujuan agar tubuhmu terbiasa dengan kegiatan rutin ini. Jika pola tidurmu berantakan, ini akan mengganggu jam tubuhmu, sehingga di pagi hari kamu bisa semakin sulit untuk bangun pagi dan merasa segar kembali. Demikianlah artikel kali ini mengenai 12 tips cara mudah bangun pagi, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!!



12 Tips Cara Mudah Bangun Pagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar