Minggu, 19 April 2015

9 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

9 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan – Rumput laut adalah tumbuhan sejenis alga yang hidup di laut. Penggunaan istilah rumput laut kadang menimbulkan kerancuan karena dipakai untuk menyebut dua kelompok tanaman laut yang berbeda, yaitu lamun (seagrass) dan gulma laut (seaweed). Justru di Indonesia kata rumput laut lebih sering digunakan untuk menyebut gulma laut (seaweed). Meskipun secara botani alga bukan golongan rumput-rumputan. Rumput laut sangat digemari diseluruh dunia. Rasanya yang khas memberikan kesegaran alami saat di cicipi. Rumput laut juga bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan lainnya seperti agar-agar, jelly,  juga bisa dijadikan penganan dengan cara digoreng, dibuat kripik, dan sebagainya.


manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh


Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang pernah menggegerkan dunia. Pada tahun 1962 diketahui bahwa 1 gr jenis rumput laut spiral menyamai kombinasi 1000 gr dari berjenis-jenis sayur-sayuran. Rumput laut juga sangat kaya akan protein. Tak heran mengapa panjang penduduk Jepang memiliki rata-rata usia hidup paling panjang didunia, rahasianya adalah karena mereka dalam 1 tahun dapat mengkonsumsi 500 ton rumput laut spiral. Perlu diketahui juga bahwa makanan para astronot ruang angkasa zaman sekarang juga rumput laut, bukanlah roti, bakpau dan lain sebagainya.


Rumput laut memilik khasiat untuk kesehatan tubuh.  Semua jenis rumput laut mulai dari Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori dikenal kaya akan protein yang baik untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh dan juga memiliki banyak sekali kandung vitaminnya seperti Vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. Bahkan kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli, dan susu.


Berikut 9 manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh


manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh


1. Menjaga daya tahan tubuh


Rumput laut memberikan stimulan untuk menjaga daya tahan tubuh dan bekerja dengan cara memperbanyak produksi antibodi, cytokines, dan sel lain yang berguna untuk meningkatkan daya imunitas.


2. Mengurangi berat badan


Rumput laut sama sekali tidak memiliki kandungan lemak atau kalori. Kandungan yodium di dalam rumput laut juga mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh Anda. Kelenjar tiroid tersebut mampu mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada di dalam rumput laut mampu menghancurkan sel-sel lemak di dalam tubuh.


3. Menjaga kesehatan tiroid dan hormon lainnya


Kandungan yodium yang ada di dalam tiroid dapat menjaga kesehatan tiroid Anda dan fungsi fisiologis tubuh lainnya. Tanpa adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.


4. Mencegah Anemia


Rumput laut yang berjenis spirulina dapat menstabilkan jumlah sel-sel darah. Rumput laut juga bisa mengurangi hambatan sel-sel darah dan meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh karena rumput laut memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.


5. Mengatasi kencing manis


Rumput laut dapat memberi protein dan keunggulan utamanya adalah agar penderita kencing manis tidak terserang penyakit komplikasi, dapat makan minum secara normal seperti orang biasa pada umumnya. Penderita kencing manis kurang energi dan tidak boleh mengkonsumsi gula, rumput laut ini adalah merupakan gula kering, setelah dimakan akan menambah energi. Selain itu, kadar gula darah penderita kencing manis tidak stabil, dengan konsumsi rumput laut dapat perlahan-lahan menghentikan obat, dan perlahan- lahan berhenti mengkonsumsi rumput laut dan akhirnya hanya dengan cara control makanan dan minuman.


6. Mencegah keropos tulang


Kandungan kalsium yang dimiliki oleh rumput laut lebih banyak dibandingkan dengan susu. Dengan begitu, rumput laut sangat baik untuk mencegah keropos tulang, gigi, dan lainnya.


7. Mencegah kanker


Rumput laut mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.


8. Baik untuk penyembuhan luka


Kandungan vitamin C yang terdapat dalam rumput laut baik untuk kesehatan gigi, gusi, dan baik untuk penyembuhan luka.


9. Mampu mendetoks tubuh


Rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami.


Ternyata selain rasanya yang lezat sangat banyak manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi rumput laut secara rutin bisa menjadi solusi untuk menangkal berbagai penyakit dimasa depan. Demikian artikel kali ini mengenai 9 manfaat rumput laut bagi kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam..!!



9 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar