Minggu, 19 April 2015

7 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

7 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan – Semua orang tentunya memimpikan bentuk tubuh yang ideal. Beberapa orang  berjuang dengan masalah obesitas dan berusaha keras untuk menyingkirkan lemak berlebih dari tubuh mereka. Namun tak jarang ditemui sebagian orang yang terlihat  terlihat begitu kurus dan berusaha keras untuk menambah berat badan mereka. Tentunya ini merupakan hal yang wajar, karena selain faktor penampilan yang lebih penting dari memiliki tubuh ideal adalah kesehatan. Memiliki berat badan yang kurang (underweight/kurus) mungkin sama tidak sehatnya dengan berat badan berlebih (overweight/obesitas).


cara sehat menaikkan berat badan cara sehat menaikkan berat badan


Pada artikel kali ini kita akan memfokuskan untuk mengetahui cara sehat menaikkan berat badan bagi pembaca yang mengalami underweigth. Ada beberapa faktor yang menyebabkan badan kurus atau kekurangan berat badan, dari mulai masalah nutrisi hingga karena faktor genetik. Banyak orang masih terjebak dalam opini yang salah bahwa dengan menambah porsi makan bisa menaikkan berat badan anda. Tidak sepenuhnya salah memang, tapi perlu diketahui penyebab orang menjadi sangat kurus adalah karena memiliki metabolisme tubuh yang sangat tinggi. Tak heran sangat banyak ditemui orang yang memiliki nafsu makan yang besar tapi makan sebanyak apapun namun tetap kurus.


Efek negatif terlalu kurus


Memiliki tubuh yang terlalu kurus tentunya memiliki efek negatif bagi kesehatan. Beberapa masalah kesehatan serius yang berpotensi muncul karena tubuh terlalu kurus diantaranya : Masalah Jantung, osteoporosis, anemia, kurang gizi,imune tubuh rendah, depresi,gampang kedinginan, lama sembuh ketika terluka, dan sebagainya.


Tentunya kita tidak ingin hal-hal yang disebutkan diatas terjadi pada kita. Oleh karena itu kami telah menyajikan tips cara sehat menaikkan berat badan untuk anda. Berikut tips cara sehat menaikkan berat badan untuk anda.


cara sehat menaikkan berat badan cara sehat menaikkan berat badan


7 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan


1. Jangan lewatkan Sarapan


Makan pagi akan menambah energi tubuh sehingga anda siap untuk menjalankan aktifitas serta meningkatkan fokus. Sehubungan dengan program menambah berat badan, pertimbangkan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak protein dan nutrisi, seperti roti, jus segar atau susu, telur, buah-buahan serta sayuran. Minum suplemen/multivitamin jika itu termasuk dalam rencana anda.


2. Memperbanyak minum air putih


Air putih adalah salah satu minuman terbaik yang mengandung sejuta manfaat. Minuman bersoda dan cappuccino memang akan membuat badan anda cepat gemuk karena kandungan gulanya. Namun, usahakan untuk seminimal mungkin mengkonsumsi kedua jenis minuman ini karena akan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Mengkonsumsi berbagai macam minuman sehat dan juga juice yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun tetap jadikan air putih sebagai minuman utama karena air putih juga dapat berkhasiat untuk melunturkan berbagai macam racun dalam tubuh.


3. Snack / makanan ringan


Makan tiga kali sehari itu pasti, namun jangan lupa untuk menyisipkan dua kali makanan ringan (snack) di antaranya. Bukan snack sembarangan, tetapi makanan ringan yang memang bertujuan untuk meningkatkan berat bada secara sehat. Ngemil akan menambah kalori ekstra untuk tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan ringan seperti keju, cereal yang diperkaya nutrisi, yogurt, biskuit gandum, atau roti.


4. Perbanyak Asupan Protein, Karbohidrat, dan Lemak


Mulai masukkan beberapa makanan kaya nutrisi seperti daging merah, roti, kacang-kacangan, keju, atau alpukal ke dalam menu harian anda. Beberapa macam makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang kamu butuhkan untuk menambah berat badan. Sebisa mungkin hindarilah junk food.


5. Olahraga dan fitnes


Mengikuti program fitnes untuk meningkatkan berat badan bisa jadi adalah cara terbaik. Program tersebut akan meberikan stimulasi pada jaringan otot sehingga dapat berkembang atau tumbuh. Kegiatan tersebut juga akan membantu tulang menyerap lebih banyak kalsium sehingga tulang menjadi lebih kuat dan sehat.


6. Berhenti merokok


Merokok menstimulasi otak kita untuk tidak makan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale, nikotin yang terkandung di rokok itu membuat malas dan menekan nafsu makan.


7. Makan sebelum tidur


Makan sebelum tidur adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menaikkan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang yang sering makan setelah lebih dari jam 8 malam memiliki Body Mass Index (BMI) yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak makan malam. Hal ini karena di malam hari, metabolisme tubuh kita telah melambat sehingga apapun makanan yang masuk akan tertimbun lebih banyak dan disimpan menjadi lemak tubuh.


Demikian 7 tips cara sehat menaikkan berat badan yang bisa anda coba bagi anda yang memiliki tubuh kurus. Perlu diingat bahwa tujuan utama memperoleh berat badan ideal bukan sekedar karena faktor penampilan tapi yang lebih utama adalah untuk memperoleh tubuh yang sehat. Cukup sekian artikel kali ini semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam….!!



7 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar