Minggu, 19 April 2015

Manfaat Habbatussauda untuk kesehatan

Manfaat Habbatussauda untuk kesehatan- Habbatussauda (Nigella Sativa) atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama Jintan Hitam ini merupakan obat herbal alami yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh orang-orang yang tinggal di bagian TImur Tengah, asia, dan afrika untuk meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit. Tumbuhan ini juga dikenal dengan julukan “Black seed” (Biji hitam) atau “Blessed Seed” (Biji yang diberkahi). Nigella Sativa berasal dari Asia Barat. Ia merupakan rempah-rempah yang tumbuh dengan tinggi sekitar 16-24 inchi (40-60 cm) dan memiliki bunga yang putih ketika mekar. Biji berbentuk persegi dengan ujung yang lancip berwarna hitam kelam ini adalah bagian dari tanaman yang paling memiliki manfaat.


Sejarah Habbatussauda


manfaat habbatussauda bagi kesehatan manfaat habbatussauda bagi kesehatan


Asalnya tumbuhan ini tumbuh liar di Negara sekitar Mediteranian, kemudian ditanam secara luas di Mesir, Eropa, Syiria dan Asia Tengah (Iran dan India), tumbuh di kawasan yang bertanah kering. Habbatus Sauda sudah digunakan untuk pengobatan sejak 3000-2000 tahun sebelum masehi dan tercatat dalam banyak tulisan ilmuwan  seperti Ibnu Sina (980-1037 M), Al Biruni (973-1048 M), Al Antiki, Ibnu Qayyum dan Al Baghdadi sehingga dijuluki “Raja Segala Herbal”. Para dokter dan ilmuwan mengakui kemanjuran Habbatussauda setelah melakukan penelitian secara empiris maupun uji klinis.


Orang-orang mesir kuno mengetahui serta menggunakan jintan hitam dan menyebutnya sebagai obat mujarab (obat untuk berbagai masalah dan penyakit).Raja Tutankamun bahkan memiliki sebotol minyak ini dalam kuburnya. Semua benda yang ditemukan dalam makam raja-raja adalah berharga bagi dia atau memiliki kepentingan yang signifikan. Bangsa romawi juga sangat akrab dengan benih ini dan menyebutnya sebagai Ketumbar Yunani dan banyak digunakan sebagai suplemen makanan. Pada abad pertama, Dioscoredes, seorang dokter yunani telah merekam data tentang penggunaan jintan hitam untuk mengobati sakit kepala, hidung, sakit gigi dan cacingan.


Jintan hitam ini juga disebutkan dalam Alkitab dalam istilah 28:25-27 sebagai “fitches”, ini memberikan bukti lebih lanjut mengenai pentingnya ramuan ini ketika bahan kimia yang merusak tubuh (yang kebanyakan orang saat ini mengonsumsinya bagai permen) tidak tersedia.

Ibnu Sina dikenal di Barat sebagai Avucenna, menulis risalah medis besar ‘The Canon of Medicine’, dan disebut sebagai jintan hitam “yang merangsang energi tubuh dan membantu pemulihan dari kelelahan”.


Kandungan Habbatussauda


Sejak 2959 lebih dari 200 studi telah dilakukan di universitas-universitas internasional dan berbagai artikel telah diterbitkan di berbagai jurnal, menunjukkan hasil yang luar biasa atas penggunaan secara tradisional dari jintan hitam ini. Habbatussauda mengandung lebih dari 100 komponen dan masih banyak yang sedang dalam proses penemuan. Ini merupakan sumber yang kaya asam lemak tak jenuh dan mengandung minyak sekitar 35%, 21% protein dan karbohidrat 38%. Lebih dari 50% minyak asam lemak esensial. Asam Linoleat dan asam gamma linoleatnya membantu membentuk prostaglandin E1, yang membantu tubuh untuk menghambat infeksi, menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur reaksi alergi. Asam linoleat Gamma juga membantu menstabilkan membran sel. Jintan hitam juga mengandung sekitar 0,5-1,5% minyak atsiri termasuk Nigellon dan thymochinon yang menyebabkan khasiat anti-histamin, anti oksidan, anti infeksi, (mampu bertindak melawan infeksi) dan efek broncho-dialating pada jintan hitam. Bahan-bahan lain yang ditemukan dalam jintan hitam termasuk kalsium, kalium, besi, seng, magnesium, selenium, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, niasin dan vitamin C.


manfaat habbatussauda bagi kesehatan manfaat habbatussauda bagi kesehatan


Habbatussauda juga kaya akan kandungan nutrisi Monosaccharides (molekul gula tunggal) dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose, dan arabinose. Mengandung non-starch polysaccharide yang berfungsi sebagai sumber serat diet yang sangat berguna. Lima belas asam amino membentuk protein yang mengandung Black Cumin (Nigella sativa) Seed, termasuk delapan dari asam amino penting. Asam amino tidak dapat disintesis secara cukup didalam tubuh kita, sedangkan kita memerlukannya untuk menjaga berat badan. Black seed mengandung Arginine yang penting pada masa pertumbuhan. Analisis kimia lanjutan menemukan bahwa Habbatussauda mengandung karotin, yang diubah menjadi vitamin A oleh liver.


Sebuah studi tahun 1994 yang dilakukan di London oleh King’s College mengungkapkan bahwa jintan hitam memiliki sifat yang menghambat enzim tertentu, yang juga menghambat produksi prostaglandin tertentu. Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa kombinasi yang kaya dan kompleks dari unsur-unsur yang ditemukan dalam jintan hitam bekerja sama (sebagai tim) untuk memberikan efek penuh.


Manfaat menakjubkan Habbatussauda Bagi Kesehatan


manfaat habbatussauda bagi kesehatan manfaat habbatussauda bagi kesehatan


Di Timur Tengah tanaman ini populer dengan keistimewaanya menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tak heran sebagian masyarakat Timur Tengah sering menyajikan jintan hitam pada menu makanan, terutama ketika mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging. Dengan mengkonsumsi habbatussauda (jinten hitam) secara teratur akan membantu menurunkan kandungan kolesterol dalam darah dan mengatasi masalah kesehatan lainnya. Berikut berbagai manfaat menakjubkan habbatussauda bagi kesehatan tubuh anda :


1. Untuk menguatkan sistem kekebalan


Khasiat habbatussauda yang pertama adalah untuk meningkatkan jumlah se-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektifitasnya hingga 72 % jika dibandingkan dengan plasebo yang hanya 7 %. Dengan demikian mengkonsumsi jintan hitam akan meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat ekstrak Habbatussauda ini pun diakui Profesor G Reimuller, Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich, yaitu habbatussauda berkhasiat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian habbatus sauda dapat digunakan untuk  menghadapi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS


2. Mencegah tumbuhnya tumor


Pada kongres kanker internasional di New Delhi, minyak habbatus sauda diperkenalkan ilmuwan dari laboratorium Kanker dan Imunologi, California Selatan. Habbatus sauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menghancurkan selsel tumor dan meningkatkan antibodi.


3. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi


Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), habbatus sauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. habbatus sauda juga memperbaiki peredaran darah ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.


4. Untuk menetralkan racun dalam tubuh


Habbatussauda juga berkhasiat sebagai detoks. Sebagaimana diketahui, racun dapat menganggu metabolisma dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Jintan hitam ini dalam tubuh mengandung saponin yang bermanfaat menetralkan dan membersihkan racun dari


5. Anti histami/ anti alergi


Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma. Dari minyak habbatus sauda dapat diisolasi ditymoquinone. Senyawa pada minyak yang volatil (mudah menguap) ini disebut nigellone. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma. Penelitian yang dilakukan Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 membuktikan bahwa kristal dari nigellone memberikan efek supressive. Kristak-kristal ini dapat menghambat protekinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. Penelitian lain membuktikan hal serupa. Ahli imunologi dari Universitas Munich Dr. Med Peter Schleincher melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap serbuk, jerawat dan asma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatus sauda). Dalam prakteknya, Dr. Schleincher memberikan resep habbatus sauda kepada pasien penderita influenza.


6. Mengatasi gangguan tidur dan stress


Saponin yang terdapat di dalam habbatus sauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Saponin berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress.


7. Meningkatkan bioaktivitas hormon


Salah satu kandungan habbatus sauda adalah sterol yang berperan aktif pada sintesis dan bioaktivitas hormon. Hormon merupakan zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah.


8. Memperbaiki sistem pencernaan dan anti bakteri


Habbatus sauda mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin.


9. Melancarkan ASI


Kombinasi asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatus sauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian mengenai ini dipublikasikan dalam literatur penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.


10. Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita

Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami terutama pada musim hujan di mana anak mudah terkena flu atau pilek. Kandungan omega 3, 6, 9 yang terdapat dalam habbatus sauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.


11. Nutrisi bagi manusia

Habbatus sauda yang kaya akan kandungan nutrisi sangat ideal untuk lansia terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas otak agar tidak cepat pikun. Habbatus sauda mengandung 15 macam asam amino termasuk di dalamnya 9 asam amino essensial. Asam amio essensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup sehingga perlu adanya suplemen yang dapat mencukupinya seperti habbatus sauda.


Luar biasa bukan? Masih sangat banyak manfaat habbatussauda bagi kesehatan lainnya. Tak heran Jika ada Hadits Rasulullah Muhammad SAW yang mengatakan: “Hendaklah kalian mengkonsumsi habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala macam penyakit kecuali kematian” (HR. Al-Bukhori dan Muslim : Shohih Bukhori, no. 5688; Fathul Baari, X/143; dan Muslim, no. 2215) Bagaimana? Masih ragu dengan manfaat habbatussauda bagi kesehatan? Tentunya tidak ada salahnya mencoba apa lagi ini adalah obat herbal alami yang minim efek samping jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Demikianlah artikel kali ini mengenai manfaat habbatussauda bagi kesehatan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam..!!



Manfaat Habbatussauda untuk kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar