Minggu, 19 April 2015

9 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

9 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan – Mengkudu merupakan salah satu buah yang terbukti memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Walaupun baunya sangat busuk, tetapi telah banyak penelitian yang mengungkapkan kandungan mengukudu yang ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.Tumbuhan beraroma khas dan sangat menyengat ini memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Mengkudu diperkirakan berasal dari Asia tenggara dimana tumbuhan ini mampu tumbuh didataran rendah hingga ketinggian mencapai 1500 m dari permukaan laut, batang pohon mengkudu dapat mencapai 3-8 meter, memiliki bunga berbongol dan berwarna putih. Buah mengkudu merupakan buah majemuk yang masih muda berwarna hijau mengkilap serta memiliki bintik-bintik atau totol-totol, dan saat sudah tua berwarna putih dan berbintik bintik hitam. Selain dikenal sebagai mengkudu, buah ini juga memiliki banyak julukan sesuai daerahnya seperti Keumeudee (Aceh), pace, kemudu, kudu (Jawa), cangkudu (Sunda), kodhuk (Madura), Wengkudu, tibah (Bali).


manfaat mengkudu bagi kesehatan manfaat mengkudu bagi kesehatan


Kandungan Mengkudu


Sebelum membahas manfaat mengkudu bagi kesehatan, terlebih dahulu kita pahami kandungan dalam mengkudu. Dibalik bentuk yang tidak menarik serta baunya yang busuk menyengat, mengkudu merupakan buah yang kaya akan vitamin dan zat penting bagi tubuh. Mengkudu  yang sudah masak di pohon memiliki kandungan zat zat penting seperti morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.


Buah mengkudu juga memiliki kandungan protein, vitamin, serta mineral penting. Selenium yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang hebat. Mengkudu juga mengandung terpenoid yang berguna untuk membantu proses sintesis organic dan juga bermanfaat untuk pemulihan sel-sel pada tubuh. Adanya zat-zat aktif pada sari buah mengkudu juga sangat berguna untuk mematikan bakteri sebagai penyebab infeksi, misalnya adalah Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis. Zat anti bakteri yang terdapat dalam kandungan buah Mengkudu tersebut juga berguna untuk mengontrol bakteri pathogen ( bakteri yang mematikan) seperti S . typhi, Salmonella montivideo, S . scotmuelleri. Buah menkudu juga mengandung zat anti kangker yang menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal


Dilihat dari kandungannya, tak heran sejak dahulu mengkudu telah dijadikan obat tradisional. Selain hal-hal yang telah disebutkan diatasitu mengkudu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat mengkudu bagi kesehatan adalah sebagai berikut:


9 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan


1. Memperlancar peredaran darah

manfaat mengkudu yang pertama yaitu untu memperlancar peredaran darah serta memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dengan zat scopoletin yang terkandung didalamnya . Zat ini juga dapat membunuh beberapa varian bakteri , serta bersifat sebagai anti alergi.


2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh. Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.


3. Menurunkan diabetes

Bisa menurunkan diabetes. Dalam beebagai resep obat buah menkudu telah diteliti oleh para ahli kesehatan, Terbukti bisa mengobati penyakit jantung,stroke,diabetes,kebutaan dan kegagalan organ, buah ini telah digunakan untuk mengobati diabetes dan khasiatnya sngat ampuh 26 juta di america mengalami diabetes dan bisa diatasi dengan obat alami.


4. Analgesik

Kemampuan buah Mengkudu sebagai zat analgesik telah dikenal dalam sejarah pengobatan tradisional, sehingga tanaman ini disebut “painkiller tree” atau “headache tree”. Riset-riset ilmiah telah membuktikan efek menguntungkan dari Mengkudu untuk mengatasi rasa sakit. Xeronine-lah yang berperan dalam menghilangkan rasa sakit pada mengkudu. Hal ini dikaitkan dengan kemampuan xeronine menormalkan protein pada sel-sel yang abnormal, termasuk sel-sel jaringan otak, tempat berasalnya rasa sakit.


5. Mengatasi penyakit jantung

Orang terkena penyakit jantung di karenakan pola makannya tidak di seimbangi dengan makanan yang mengandung nutrisi. Jadi penyumbatan pada nadi korener, yang di sebabkan endapan kolestrol atau lemak, Yang tidak teraturnya suplaian darah ke jantung, yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit jantung.


6. Melawan kuman

Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.


7. Melancarkan pencernaan

Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan.Penyakit seperti,perut kembung,muntah,luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu.


8. Mencegah katarak

Katarak  disebabkan karena naiknya gula darah yang bisa menyebakan rusaknya mata atau katarak yang dapat membengkak kan sel-sel selaput mata menjadi pengliatan berkurang konsumsilah buah mengkudu terbukti bisa menjaga pengliatan lensa mata yang jelas.


9. Melawan tumor dan kangker

Buah mengkudu merangsang banyak kandungan yang bisa memproduksi oksida nitrat. Oksida nitrat adalah zat yang sangat berguna, salah satu yang di dasari dari banyak manfaat buah menkudu.


manfaat mengkudu bagi kesehatan manfaat mengkudu bagi kesehatan


Itulah 9 manfaat mengkudu bagi kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya seperti mengobati sakit kepala, sakit gigi, pendarahan, dan sebagainya tetapi ke 9 manfaat mengkudu bagi kesehatan di atas merupakan manfaat utama dari buah mengkudu. Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita pembaca sekalian. Salam…!!!



9 Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar