Minggu, 19 April 2015

7 Sisi lain Keuntungan Menggunakan Jilbab

7 Sisi lain Keuntungan Menggunakan Jilbab – Menggunakan jilbab bagi seorang wanita muslim merupakan suatu kewajiban. Dalam ajaran islam menggunakan jilbab merupakan kewajiban yang diharuskan untuk menutupi aurat kaum hawa. Berjilbab merupakan salah satu sunnah Rasullullah SAW dalam ajaran islam, artinya ketika menggunakan jilbab kita telah melakukan salah satu sunnah Rasullullah dan mendekatkan diri kepadaNYA. Walaupun masih ada wanita muslim yang belum menggunakannya, saat ini semakin banyak wanita yang sebelumnya tidak menggunakan jilbab memutuskan untuk menggunakannya. Nah, bagi anda yang belum menggunakan jilbab berikut 7 sisi lain keuntungan menggunakan jilbab yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.


7 Sisi lain Keuntungan Menggunakan Jilbab 7 Sisi lain Keuntungan Menggunakan Jilbab


7 Sisi lain Keuntungan Menggunakan Jilbab


1. Memiliki rambut yang terjaga

Rambut Muslimah yang berjilbab terlindung dari sengatan panas matahari dan terlindung dari debu serta polusi, sehingga ketika jilbabnya dibuka, rambutnya tampak selalu bersinar. Rambut indahnya hanya diperlihatkan untuk orang-orang yang berhak melihatnya.Selain itu secara tak langsung, dengan berjilbab berarti mempunyai kebebasan untuk mengeksplorasi gaya rambut. Mau menata rambut dengan model, warna, dan potongan apapun — hanya anda dan orang-orang terdekat yang bisa melihat. Anda juga tak perlu khawatir ketika salah potong rambut.


2. Mencerahkan kulit

Keuntungan lain dari berjilbab adalah tanpa disadari,  bisa mendapatkan warna kulit yang beberapa tingkat lebih cerah. Hal ini bisa terjadi karena anda mau tak mau menggunakan pakaian tertutup setiap harinya. Sinar matahari akan makin jarang menyapa kulit lengan dan kakimu.

Sinar matahari yang terik akan mengakibatkan berbagai masalah rambut dan kulit kepala yang mungkin berdampak serius bagi anda. Dengan menggunakan jilbab maka anda akan terlindungi dari masalah tersebut yang artinya tidak perlu menggunakan penutup kepala tambahan lagi.


3. Mencegah kangker kulit

Masih berhubungan dengan kulit mungkin ada yang berpikir apa hubungannya jilbab dengan kanker? Perlu anda ketahui mengenakan pakaian ketat plus terkena sinar matahari dalam waktu lama akan mengakibatkan kulit menderita kanker milanoma. Wanita berjilbab pasti memiliki pakaian yang longgar dan memiliki potensi yang lebih rendah terhindar dari bahaya ini.


4. Mencegah digoda laki-laki

Percaya atau tidak ini adalah manfaat menggunakan jilbab yang tidak disadari, namun survei telah menunjukkan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perembuan yang menggunakan jilbab. Selain itu jika digoda kemungkinan bukan lagi menggunakan siulan tetapi kebanyakan dengan ucapan salam ” assalamualaikum” :)


5. Mempermudah menyeleksi makanan yang halal dan yang haram

Apa hubungannya jilbab sama makanan? Dengan berjilbab, secara tidak langsung anda sedang meninggikan pengamanan diri dari bahan makanan haram yang mungkin mampir ke lidah anda. Orang-orang di sekeliling bisa turut mengingatkan anda untuk lebih berhati-hati.Ketika anda mengenakan jilbab, orang akan dengan mudah mengerti bahwa andaseorang Muslim. Saat kamu sedang melancong ke luar negeri dan hendak memesan makanan yang mengandung bahan tak halal, peringatan dari orang lain akan lebih mudah anda dapatkan. Begitu pun ketika anda memasuki restoran di dalam negeri yang bahan makanannya mengandung kaldu babi, minyak babi, atau ham. Pramusaji biasanya akan sigap mengabarkan bahwa ada makanan tak halal di restoran mereka yang tak bisa anda coba.


6. Mendidik untuk berperilaku baik

Menggunakan jilbab tidak semata menutupi aurat, melainkan juga untuk menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap berprilaku baik sesuai kaidah agama. Yang dimaksud menjaga pandangan disini adalah bagaimana wanita menjaga akhlaknya untuk tidak melakukan sesuatu yang di luar syariat agama Islam. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa jilbab bukan jaminan dalam perilaku seseorang, namun jika seseorang telah memiliki niat berhijap, maka ia tentu akan berusaha untuk menjalani perintah agamanya.


7. Termotivasi untuk terus menuntut ilmu dan mengamalkannya.

Muslimah yang berjilbab merasa dirinya menjadi alat ukur kebaikan dan kesuksesan. Tuntutan ini sangat bagus karena memacu dirinya untuk senantiasa berlomba meraih prestasi, kebaikan, dan sekuat mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat mencemarkan nama baik Islam oleh perbuatan dosa dan tercela.


Itulah 7 sisi lain keuntungan menggunakan jilbab. Walaupun begitu tujuan utama menggunakan jilbab yaitu untuk memenuhi perintah agama dan menutupi aurat dari mereka yang tidak berhak melihatnya. Demikianlah artikel kali ini, Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi pembaca yang belum mengenakan jilbab. Salam…!!



7 Sisi lain Keuntungan Menggunakan Jilbab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar