Senin, 06 April 2015

8 Tips Untuk Solo Camping

8 Tips Untuk Solo Camping - Setiap orang pasti pernah beberapa kali dalam hidupnya merasakan keinginan untuk menikmati keheningan dan kesendirian. Terkadang ada perasaan damai yang datang saat kita menghabiskan waktu sendirian dan rasa damai itu akan semakin menguat ketika Anda sendirian di alam bebas. Bagi anda yang senang dengan kegiatan kemping atau berkemah, melakukan solo camping atau berkemah sendirian merupakan metode berkemah yang bisa menjadi alternetif bagi anda. Anda dapat melarikan diri dari kesibukan sehari-hari dan sendirian dalam pikiran Anda. Jika Anda adalah orang yang senang berkemah, melakukan perkemahan sendiri merupakan suatu keharusan yang harus anda coba.


Tentu saja, ada persiapan-persiapan khusus yang Anda butuhkan ketika Anda merencanakan solo camping. Berikut adalah 8 tips untuk solo camping bagi anda yang ingin mencobanya.


tips untuk solo camping tips untuk solo camping


8 Tips Untuk solo camping


1. Mencari pengalaman terlebih dahulu

Hal ini mungkin akan berjalan dengan sendirinya, tetapi jika Anda orang yang baru berkemah, lebih baik anda berkemah bersama orang lain terlebih dahulu. Berkemah sendirian membutuhkan perngalaman yang lebih. Sebaiknya jika ini perkemahan pertama anda urungkan niat anda untuk sendirian, berkemahlah terlebih dahulu bersama orang lain, dgn tujuan untuk memperoleh pengalaman terlebih dahulu.


2. Beritahukan rencana anda ke teman dan keluarga anda

Ketika Anda sedang berencana berkemah sendirian, sebaiknya anda memberitahukan rencana Anda dengan keluarga ataupun teman-teman anda. Buatlah jadwal rinci perkemahan anda dan berpatokan pada jadwal tersebut ketika berada dilapangan


3. Prioritaskan barang yang anda bawa

Solo camping berarti bahwa Anda harus benar-benar menyesuaikan dengan semua yang kebutuhan anda. Memastikan barang-barang penting yang akan dibutuhkan anda bawa, dan meninggalkan barang-barang mewah dan mungkin tidak anda perlukan. Pastikan bahwa Anda dapat mengatur semuanya dengan efektif dan efisien


4. Hindari hal-hal yang menyulitkan

Jika ini pertama kalinya anda berkemah snedirian, jangan melakukan hal yang beresiko yang memungkinkan anda terluka cukup tinggi. Ikutilah jalan yang ditandai dan ingat: jika Anda terluka, Anda sendirian. Anda lebih baik memilih untuk tetap pada daerah-daerah yang relatif dilewati sehingga jika Anda terluka, diharapkan ada orang yang akan membantu anda


5. Latihlah safety skill anda

Selalu bawa Kotak P3K dan tahu bagaimana menggunakannya. Memeriksa ramalan cuaca dan tahu bagaimana harus bereaksi jika cuaca berubah tanpa terduga. Sadarilah hewan-hewan liar di daerah yang akan anda lalui, dan pelajari apa yang harus dilakukan jika Anda bertemu mereka.


6. Membawa alat komunikasi

Bawa perangkat yang akan membantu Anda untuk tetap berhubungan dengan dunia luar dalam keadaan darurat. Jangan hanya mengandalkan ponsel Anda. Akan lebih baik jika anda membawa telepon satelit, locater pribadi, atau perangkat transceiver lain yang akan membiarkan Anda berkomunikasi dengan responden darurat dan orang-orang di rumah. Beberapa toko perlengkapan outdoor biasanya menyewakan perangkat ini, yang merupakan pilihan yang baik jika Anda mencoba sendirian berkemah untuk pertama kalinya dan terkendala pada anggaran.


7. Mempersiapkan hiburan

Anda tidak akan punya siapa-siapa untuk ditemani ngobrol, jadi pertimbangkan bagaimana Anda akan menjaga diri tetap terhibur. Bawalah buku yang bagus atau jurnal dan merencanakan beberapa kegiatan untuk menjaga diri sibuk. Ketika anda tidak tahu harus berbuat apa, cukup berdiam di depan api unggun: sungguh menakjubkan betapa mudahnya Anda bisa tersesat dalam pikiran Anda hanya dengan menatap ke dalam api unggun.


8. Tidur

Mungkin anda akan langsung merencanakan hal-hal berat, mempertimbangkan rencana kegiatan berkemah anda yang setidaknya selama beberapa hari yang panjang untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman sebaiknya anda langsung tidur di malam pertama. Hal ini karena membutuhkan waktu beberapa hari untuk membiasakan diri dengan “kesendirian” dan untuk benar-benar mendapatkan keuntungan dari perjalanan berkemah.


Itulah 8 Tips Untuk solo camping yang telah kami rangkumkan untuk anda. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk membaca manfaat mendaki gunung dan tips mendaki gunung. Salam….!!



8 Tips Untuk Solo Camping

Tidak ada komentar:

Posting Komentar